Wiper adalah
merupakan sistem yang penting dimana komponen ini menjamin jarak pandang
pengemudi untuk arah depan atau belakang kendaraan agar tidak terhalang oleh
penghalang seperti : air hujan, debu & kotoran lainnya hingga bersih,
dengan cara disapu dengan perantara berupa komponen penyapu. Pada setiap
penggunaan biasanya digabungkan dengan washer atau pembersih, sehingga
saat wiper menyapu kaca secara otomatis washer atau pembersih
memerlukan cairan pembersih, sehingga kaca depan maupun belakang daya bersihnya
lebih bagus.
Pada saat kendaraan berjalan malam atau siang di waktu hujan, pandanganpengemudi melihat permukaan jalan akan terasa terganggu oleh kelembaban air hujan pada kaca depan harus dibersihkan baik dengan mekanik atau dengan cara elektrik.
Pada saat kendaraan berjalan malam atau siang di waktu hujan, pandanganpengemudi melihat permukaan jalan akan terasa terganggu oleh kelembaban air hujan pada kaca depan harus dibersihkan baik dengan mekanik atau dengan cara elektrik.
Pada
pergerakkan wiperini sangat dibutuhkan tenaga yang cukup besar,
itu sebabnya pada ujung motor wiper dipasang gigi cacing reduksi. Gigi
ini dapat meningkatkan torsi dari motor hingga 50 kali lipat, selain itu dapat
mengurangi output kecepatan sampai 50 kali.Output dari gigi
reduksi dihubungkan dengan tuas khusus yang menggerakkan wiper maju dan
mundur. Tuas ini bertugas mengubah gerak putar dari motor wiper menjadi
gerak bolak–balik pada poros wiper. Sistem kerja wiper ada
beberapa macam yaitu:
Macam sistem kerja wiper:
1. Tandem System (Sistem kerja ganda).
2. Opposed System (Sistem kerja berlawanan).
3. Tandem System With Aerodynamic
characteristics (Sistem
ganda dengan karakter aerodinamik).
4. Singel Arm Wiper System-Not Controlled (Sistem kerja wiper dengan satu
cabang tanpa kontrol)
5. Singel Arm Wiper System Controlled (Sistem kerja wiper dengan satu
cabang menggunakan kontrol).
Pada
kendaraan TOYOTA KIJANG INNOVA TIPE V TAHUN 2004 sistem Windshield Wipermenggunakan
sistem kerja tandemwiper system (model ganda) pada kaca depan,
yang dimana antar poros wiper dihubungkan tuas sehingga kedua wiper
bekerja secara paralel.
Pada rangkaian Sistem wiper seri atau paralel menggunakan mekanisme empat batang tuas wiper, dengan hubungan melintang yang digunakan untuk memperbesar sudut penghapusan.Optimalisasi mekanisme ini sangat penting agarkelancaran dalam sudut penghapusan dan sudut pembalikan batang tuas wiper.
Pada kaca belakang sistemWindshield Wipermenggunakan sistem kerja single arm, yang dimana posisi lengan wiper berada di tengah.Langkah penyapuan wiper blade dari sisi ke tengah.
Lengan wiper terdiri dari ujung wiper yang berbentuk bulat dengan lubang tempat baut. Kemudian ada sebuah pegas untuk menahan blade, arm piecesyang berfungsi sebagai tempat pemasang blade dan retainer untuk menahan struktur wiper blade. Wiperblade terdiri dari sebuah karet untuk menyapu permukaan kaca, alat kombinasi dari leaf spring packing beberapa level dan clip untuk memasang blade pada bagian lengan wiper.
Pada rangkaian Sistem wiper seri atau paralel menggunakan mekanisme empat batang tuas wiper, dengan hubungan melintang yang digunakan untuk memperbesar sudut penghapusan.Optimalisasi mekanisme ini sangat penting agarkelancaran dalam sudut penghapusan dan sudut pembalikan batang tuas wiper.
Pada kaca belakang sistemWindshield Wipermenggunakan sistem kerja single arm, yang dimana posisi lengan wiper berada di tengah.Langkah penyapuan wiper blade dari sisi ke tengah.
Lengan wiper terdiri dari ujung wiper yang berbentuk bulat dengan lubang tempat baut. Kemudian ada sebuah pegas untuk menahan blade, arm piecesyang berfungsi sebagai tempat pemasang blade dan retainer untuk menahan struktur wiper blade. Wiperblade terdiri dari sebuah karet untuk menyapu permukaan kaca, alat kombinasi dari leaf spring packing beberapa level dan clip untuk memasang blade pada bagian lengan wiper.
Keterangan:
1. Claw Bracket
2. Spring Strip
3. Lip
4. Double Microedge
5. Windshield
Sistem penghapus kaca
ini dirancang untuk mampu bekerja 1,5 juta kali gerakan dalam masa hidupnya.
Saat kualitas karet masih bagus, wiper dapat membersihkan kaca dengan
mudah tanpa bekas.Teknologi wiper semakin canggih dengan ditambahnya
alat pengatur kecepatan.Kecepatan kerja wiper bisa diatur sesuai
kebutuhan.
b. Fungsi Windshield
Wiper
Fungsi dari windshield wiper adalah salah satu
aksesoris kendaraan yang penting dimana komponen ini menjamin pandangan
pengemudi depan atau belakang kendaraan tidak terhalang oleh air hujan, debu,
dan kotoran lainnya dengan cara disapu oleh pelantara berupa komponen penyapu
yaitu wiper blade.
Pada setiap penggunaan biasanya digabungkan dengan washer
atau pembersih yang mengeluarkan cairan pembersih, sehingga kaca depan maupun
belakang daya bersihnya lebih baik dan bersih.
Berikut ini tipe sistem wiper menurut fungsinya:
1. Single
speed wiper (wiper belakang)
2. 2
speed wiper
3. Intermitten
(INT) wiper
4. Washer
link wiper
c. Cara Kerja Wiper
1. Cara kerja switch wiper pada posisi LOW / MIST
Jika switch berada di posisi kecepatan rendah, arus listrik mengalir ke sikat dari motor penggerak (disingkat LO).Lalu motor akan menggerakan tuas wiper. Terlihat pada gambar, dan wiper bergerak lambat.
2. Cara kerja switch wiper pada posisi HIGH
Jika switch berada di posisi kecepatan tinggi, arus listrik mengalir ke sikat dari motor wiper (disingkat HI). Terlihat pada gambar, dan wiper bergerak dengan kecepatan tinggi.
1. Cara kerja switch wiper pada posisi LOW / MIST
Jika switch berada di posisi kecepatan rendah, arus listrik mengalir ke sikat dari motor penggerak (disingkat LO).Lalu motor akan menggerakan tuas wiper. Terlihat pada gambar, dan wiper bergerak lambat.
2. Cara kerja switch wiper pada posisi HIGH
Jika switch berada di posisi kecepatan tinggi, arus listrik mengalir ke sikat dari motor wiper (disingkat HI). Terlihat pada gambar, dan wiper bergerak dengan kecepatan tinggi.
3. Cara
kerja switch wiper pada posisi OFF
Jika switch mati pada saat motor penggerak bekerja, arus listrik mengalir ke sikat kecepatan rendah dari motor penggerak seperti yang terlihat di ilustrasi berikut, menyebabkan wiper bergerak dengan lambat. Jika switch tiba di posisi mati, titik switch hubungan bergerak dari P3 ke P2 dan menyebabkan motor wiper berhenti.
Jika switch mati pada saat motor penggerak bekerja, arus listrik mengalir ke sikat kecepatan rendah dari motor penggerak seperti yang terlihat di ilustrasi berikut, menyebabkan wiper bergerak dengan lambat. Jika switch tiba di posisi mati, titik switch hubungan bergerak dari P3 ke P2 dan menyebabkan motor wiper berhenti.
4. Cara kerja switch wiper
pada posisi INT
a. Cara kerja Tr ON
Pada saat switch berada di posisi INT, Tr1 secara langsung
akan bekerja, menyebabkan titik relay berubah dari sisi A ke sisi B. Pada saat
titik relay berubah ke sisi B, arus akan mengalir ke motor (LO) dan motor akan
bergerak dengan kecepatan rendah.
b.
Cara kerja Tr OFF
Tr1 bekerja, menyebabkan titik relay bergerak kembali dari
sisi B ke sisi A. Bagaimanapun begitu motor bergerak, titik switch hubungan
berpindah dari sisi P3 ke sisi P2, jadi arus akan terus mengalir ke sikat
dengan kecepatan rendah dan penghapus bergerak dengan lambat. Dia akan berhenti
jika sampai di posisi yang telah ditetapkan. Tr1 melanjutkan lagi kerjanya
sehingga penghapus sebentar-bentar mengulangi operasinya. Pada tipe
penyesuaian, tahanan tidak tetap bervariasi dengan switch tidak tetap dan
rangkaian transistor menyesuaikan dengan suplai arus ke Tr. Hal ini menyebabkan
operasi yang sebentar-sebentar berubah.
d. Prinsip
Kerja Windshield Wiper
Prinsip kerja wiper dapat dijelaskan melalui jaringan
kelistrikan wiper dibawah ini.
Terminal
+1, +2, S dan (+) terletak pada motor wiper dan terminal LR1, LB1, LW,
dan L terletak pada saklar wiper, terminal RL adalah terminal kecepatan
rendah, LB adalah terminal kecepatan tinggi, LW adalah terminal negative. Pada
kecepatan rendah arus mengalir dari baterai L – LR – LB1 – B3 – (-) – massa
bodi maka motor wiper akan berputar lambat. Kecepatan tinggi arus mengalir
dari baterai L – LB1 - +2 – B2 – B# - (-) – massa bodi, maka motor wiper berputar
cepat.
Daftar Pustaka
Https//blkimojokerto.files.wordpress.com
NB : Tugas MEdia Pembelajaran
PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar